Blogger news

"Tujuan pendidikan yaitu menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat" ~ Ki Hajar Dewantara

PEDOMAN PANDUAN OPTIMALISASI KOMUNITAS BELAJAR

 PANDUAN OPTIMALISASI KOMUNITAS BELAJAR

Dalam rangka sekolah mengoptimalkan transformasi pembelajaran bagi peserta didik, peran para guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah diperlukan guna meningkatkan kualitas praktik pembelajaran di satuan pendidikan, dengan meningkatkan kompetensi secara berkala yang dapat dilakukan melalui Komunitas Belajar. Sehubungan dengan hal tersebut, maka terdapat 6 poin yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut :  
  1. Komunitas belajar merupakan wadah bagi guru dan tenaga kependidikan untuk belajar bersama dan berkolaborasi secara rutin, memiliki tujuan yang jelas dan terukur dalam meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar murid. 
  2. Setiap satuan pendidikan harus memiliki komunitas belajar dalam sekolah yang berpusat pada pembelajaran murid dengan siklus inkuiri. 
  3. Satuan pendidikan perlu melakukan belajar bersama di dalam komunitas belajar antar sekolah yang berfokus pada pembelajaran murid dengan siklus inkuiri. 
  4. Komunitas belajar dalam dan antar sekolah dapat berbagi praktik baik melalui webinar pada tautan yang tersedia dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM).
  5. Kemendikbudristek telah menyusun Panduan Optimalisasi Komunitas Belajar yang dapat diakses pada tautan berikut : https://bit.ly/OptimalisasiKomunitasBelajar 
  6. Dinas Pendidikan Provinsi, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, dan penyelenggara satuan pendidikan oleh masyarakat sesuai kewenangannya perlu melakukan:
  • Sosialisasi Panduan Komunitas Belajar bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah.
  • Pendampingan bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah dalam mengimplementasikan komunitas belajar;
  • Fasilitasi pelaksanaan komunitas belajar; dan
  • Pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan komunitas belajar.
Selengkapnya dapat Bapak dan Ibu simak dalam dokumen berikut ini :
Surat Edaran Optimalisasi Komunitas Belajar bisa unduh DISINI



PEDOMAN PANDUAN OPTIMALISASI KOMUNITAS BELAJAR bisa diunduh DISINI



Tidak ada komentar:

Posting Komentar